Tuesday, November 16, 2010

Berkah Satu Tahun Sekali: Idul Adha

T13/OJ/2010
Bayu Arga Ramadhan
210110090071

Berkah Satu Tahun Sekali: Idul Adha

Idul Adha adalah salah satu hari raya umat Islam. Pada hari ini diperingati dengan kurban dan salat Ied. Salat Ied dilaksanakan seperti saat Hari Lebaran, umat Islam berkumpul di pagi hari di masjid atau lapangan dan melaksanakan salat tersebut. Kurban dilaksanakan untuk memperingati kejadian dimana nabi Ibrahim mengorbankan anaknya, Ismail kepada Allah SWT yang lalu digantikan dengan domba.
Peringatan Kurban inilah yang sudah menjadi kewajiban kepada umat Islam yang mampu untuk ber-kurban. Kurban dalam agama Islam bukan berarti setiap umat diharuskan memiliki niat ber-kurban untuk menggantikan anaknya, tetapi untuk menyisihkan hartanya kepada orang yang membutuhkan melalui kebutuhan pangan. Hewan yang dapat di kurban-kan dapat berupa unta, sapi, domba atau kambing.
Jika Idul Adha sudah dekat penjual hewan kurban menjamur dimana-mana terutama pada jalan-jalan utama kendaraan bermotor, mengambil contoh di daerah Sumedang, mulai dari gerbang tol Cileunyi hingga Pasar Tanjung Sari penjual hewan kurban dapat dengan mudah ditemukan. Pak Udin salah satunya, ia sudah berjualan hewan kurban di jalan raya daerah Cipacing dari tahun 1985. Tapi pak Udin hanya menjual domba dan kambing saja, “yah kan kalo domba atau kambing 4 juga udah bisa jalan, seenggaknya udah ada buat makan lagi, kalo sapi ga kuat modalnya,” jawabnya pada saat ditanya mengapa hanya berjualan domba dan kambing.
Pak Udin menjual hewan kurban-nya dari harga mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp1.650.000 untuk kualitas yang paling bagus. Domba dan kambing pak Udin juga tidak sembarangan, semuanya telah dites kesehatannya dan mendapatkan sertifikat resmi dari Dinas Peternakan Bandung.
suasana tenda hewan kurban Pak Udin
Memang tidak bisa dipungkiri, Idul Adha menjadi pengharapan terbesar para pedagang hewan-hewan ternak jenis kurban ini. Keuntungan yang didapat bisa hingga dua kali lipat pada penjualan hari biasa. Hal ini diakui oleh pak Udin, akan tetapi Idul Adha kali ini keuntungannya tidak seberapa, dari 50 kambing dan domba yang ia bawa dari delapan hari sebelum Idul Adha, baru sekitar 15 ekor yang berhasil dijual. Tetapi ia selalu berharap banyak dari berkah yang datangnya setahun sekali ini, karena jika sudah lewat Idul Adha harga hewan kurban-nya langsung turun.

Biodata narasumber
Pak Udin
Alamat Kampung Pasir Kuya, Desa Cipacing

0 comments (+add yours?)

Post a Comment