Tuesday, November 16, 2010

Menjual Hewan Kurban di Halaman Rumah

T13/0J/2010
Lana Syahbani
210110090137
Domba ternak yang dijual di halaman rumah Aming

Aming yang sedang menceritakan penjualan dombanya

Umat muslim Indonesia kembali merayakan salah satu hari besar mereka, Idul Adha. Bukan tradisi, pada saat Idul Adha umat muslim melaksanakan ibadah kurban. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para peternak kambing, sapi dan domba. Tidak heran bila sedang dalam perjalanan kita dapat melihat hewan kurban seperti kambing dan domba dijajakan. Aktifitas perdagangan hewan kurban memang biasanya sudah bisa terlihat pada dua minggu sebelum hari Idul Adha.

Aming, seorang peternak domba Kecamatan Cimahi Utara, Cimahi ikut merasakan berkah dari hari raya ini. Sehari-harinya, ia bekerja mengurus domba ternaknya di Jalan Pesantren, Cimahi. Dalam rangka Idul Adha, ia menjual seluruh domba ternaknya yang berjumlah 20 ekor. Sampai hari ini (16/11) domba yang sudah terjual berjumlah 15. Aming mengatakan, keuntungan yang ia dapatkan ketika hari khusus seperti ini bisa lebih banyak dibandingkan ketika hari-hari biasa. Pada hari-hari biasa ia menjual domba ternaknya untuk akikah.

Tempat penjualan domba tidak bertempat di kandang tempat ia biasa mengurus domba-dombanya. Namun, ia sengaja menggunakan halaman rumahnya untuk berjualan. Hal ini dilakukan karena rumah Aming terletak di pinggir jalan. Ia mengatakan, lokasi ini strategis dan bisa dilihat banyak orang.

Harga domba yang Aming jual berkisar dari Rp1.200.000 sampai dengan Rp1.750.000. Sampai saat ini, domba yang paling diminati adalah domba dengan kisaran harga termahal. Hal ini dikarenakan domba-domba tersebut gemuk dan sudah berumur. Harga domba tergantung pada kualitas hewan tersebut.


0 comments (+add yours?)

Post a Comment