Tuesday, November 16, 2010

Penjualan Domba Menjelang Hari Raya Idul Adha

T13/OJ/2010
Hafiz Sezario Indra
210110090062





Sejumlah Domba di tempat penjualan hewan qurban menjelang Hari Raya Idul Adha

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar walilla hilham. Takbir mulai berkumandang. Umat Islam esok hari tanggal 10 Dzulhijjah 1431 Hijriah kalender islam atau Tanggal 17 November 2010 kalender Masehi akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau yang biasa dikenal dengan Hari Raya Haji. Dimulai saat zaman nabi Ibrahim yang diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih anaknya, Ismail. Nabi Ibrahim yang menerima perintah tersebut awalnya ragu untuk melaksanakan perintah tersebut, tetapi setelah anaknya Ismail meyakinkan ia jika memang itu perintah Allah, maka lakukanlah. Maka dengan yakin Nabi Ibrahim melaksanakan perintah tersebut. Namun saat ingin menyembelih anaknya, ternyata yang di sembelih adalah seekor domba. Maka, dengan peristiwa bersejarah tersebut setiap tanggal 10 Dzulhijjah umat Islam merayakan Hari Raya tersebut dengan menyembelih hewan qurban seperti sapi, domba dan kambing yang kemudian diperuntukkan dan di bagikan kepada orang-orang yang tidak mampu yang tinggal di sekitar wilayah pemilik hewan qurban.
Hari Raya Idul Adha dimanfaatkan oleh sebagian besar pedagang hewan qurban. Pasalnya harga hewan qurban saat musim Hari Raya Idul Adha bisa naik sekitar 12,5 % atau sekitar Rp 250.000 jika harga satu hewan qurban Rp 2.000.000. salah satu penjual hewan qurban di jalan Cipacing, Rancaekek, kab.Bandung mengatakan penjualan hewan qurban di saat menjelang Hari Raya Idul Adha mengalami kenaikan harga. Dari semula seekor domba berukuran sedang di jual dengan harga Rp 1.750.000, kini saat menjelang Idul Adha ia mampu menjual domba dengan harga Rp 2.000.000 per ekor.
Penjualan saat menjelang Idul Adha lebih laku ketimbang hari-hari biasa, penjual di jalan Cipacing tersebut mengaku sudah ada 6 domba yang dipesan dan siap diantarkan dari total 27 domba yang ia jual di sekitar pinggir jalan tersebut. ia hanya menjual domba saja, tidak menjual sapi atau hewan qurban lainnya. Seekor domba berukuran kecil dihargai Rp 1.250.000, domba berukuran sedang Rp 2.000.000, dan domba berukuran besar dihargai Rp 3.000.000. dari ke dua puluh tujuh domba yang dijualnya, yang paling banyak di beli oleh pembeli adalah domba-domba dengan ukuran sedang.

0 comments (+add yours?)

Post a Comment